Tindakan Kecil Dapat Menyelamatkan Bumi Kita


Dalam menjalankan roda kehidupan, kita sebagai manusia selalu memanfaatakan energi berupa sumber daya alam yang ada di sekeliling  kita, baik itu sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau yang tidak  dapat diperbaharui. Sumber daya alam tersebut tentunya harus diolah dan  dimanfaatkan sebijaksana mungkin agar tidak terjadi krisis energi  seperti yang ramai dibicarakan beberapa tahun belakangan ini.




Dimulai  pada pertengahan abad dua puluh, dimana terjadi kelangkaan berupa  sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui akibat ulah manusia yang  terlalu boros dalam memanfaatkan sumber daya alam tersebut. Kebanyakan  dari kita belum menyadari bahwa krisis energi ini kian mengancam  kehidupan. Sebagai contoh banyak dari kita yang sering lupa untuk  memadamkan lampu atau mematikan keran air setelah penggunaanya, padahal  di belahan bumi lain, saudara kita belum dapat menikmati listrik ataupun  harus berjalan beberapa kilometer untuk mendapatkan air bersih.




Upaya  penghematan energi sudah mulai digalakkan oleh para aktivis lingkungan,  tetapi itu tidak berarti jika dari dalam diri kita sendiri belum sadar  betul mengenai permasalahan krisis energi yang kita hadapi. Untuk  menghemat energi kita hanya perlu melakukan hal-hal yang sederhana  tetapi nyata bukan hal-hal yang besar tetapi tidak dapat direalisasikan.




Berikut  ini beberapa contoh tindakan sederhana yang dapat kita lakukan untuk  mengehemat energi yangmana sering kita dengar tetapi kadang diabaikan.  Pertama adalah membiasakan diri untuk memadamkan lampu pada jam tidur  atau ketika tidak digunakan lagi. Kedua, jangan menggunakan alat  elektronik secara bersamaan dan dalam jangka waktu yang lama. Ketiga,  membiasakan diri untuk berjalan kaki atau mengendarai sepeda ketika  berpergian dengan jarak yang dekat. Keempat, sebaiknya jangan  menggunakan kendaraan pribadi terlalu sering untuk berpergian jarak jauh  ketika kita masih bisa menggunakan kendaran umum. Kelima, kita dapat  menumpang di kendaraan teman ketika kita ingin pergi dengan arah yang  sama. Terakhir diperlukan konsistensi kita dalam melakukan tindakan  tersebut, kemudian tularkan pada orang-orang di sekeliling kita agar  dapat berperilaku hemat energi. Langkah nyata walaupun kecil dapat  berdampak besar ketika kita melakukannya bersama-sama dan terus-menerus  akan menyelamatkan kehidupan kita dari krisis energi.

8 komentar:

I used to be able to find good information from your blog posts.


Also visit my weblog password finder

I've been surfing online more than three hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. In my view, if all web owners and bloggers made good content as you did, the web will be much more useful than ever before.

Feel free to visit my site; Car Town Items

I was recommended this website by my cousin.

I am not sure whether this post is written by him as nobody else
know such detailed about my trouble. You are
wonderful! Thanks!

my web page rar password cracker

Hi, i read your blog from time to time and i own a similar one and i was just curious if you get a lot of spam comments?
If so how do you stop it, any plugin or anything you can suggest?
I get so much lately it's driving me insane so any help is very much appreciated.

My web page :: sharecash auto

It's amazing to go to see this website and reading the views of all mates regarding this post, while I am also eager of getting know-how.

Stop by my web blog :: dragonvale gem glitch no jailbreak

Woah! I'm really enjoying the template/theme of this site. It's simple, yet effective.
A lot of times it's very hard to get that "perfect balance" between superb usability and visual appeal. I must say you have done a amazing job with this. In addition, the blog loads extremely quick for me on Firefox. Superb Blog!

Feel free to surf to my weblog - How to Earn Money While Unemployed

Hello There. I discovered your weblog the usage of msn. That is a really well written article.
I will be sure to bookmark it and return to learn more of your useful info.
Thanks for the post. I will definitely comeback.

Also visit my website - Bypass Sharecash

fantastic issues altogether, you simply received a new reader.
What would you recommend about your put up that you made a few days in the past?
Any sure?

My site: soundcloud

Post a Comment