Xiaomi sedang menjadi buah bibir di mana-mana. Semenjak kehadirannya
pada saat peluncuran Redmi 1s hari Rabu minggu lalu, produsen
smartphone asal Tiongkok tersebut meningkat popularitasnya di Indonesia. Hampir di semua
e-commerce, termasuk Tokopedia, bermunculan pedagang
smartphone
yang menjual produk Xiaomi. Tipe yang ditawarkan pun beragam, mulai
dari Redmi 1s yang berada di kelas menengah, hingga Mi 4 yang menjadi
smartphone flagship mereka saat ini. Bahkan, beberapa penjual
online
sudah menawarkan Xiaomi MiPad, tablet Xiaomi terbaru yang populasinya
masih langka, bahkan di tanah kelahirannya (Tiongkok) sekalipun.
Meskipun harga dari produk Xiaomi masih belum stabil lantaran produk
Xiaomi yang dijual banyak yang berasal dari importir umum, namun banyak
masyarakat sudah berburu
smartphone dan tablet yang digadang-gadang sebagai Apple dari Tiongkok tersebut.
Tidak hanya
smartphone dan
tablet Xiaomi saja yang sedang ramai dibicarakan, produk aksesoris yang mereka tawarkan pun menjadi incaran para penggila
gadget. Sebut saja
earphone Xiaomi Piston dan
power bank Xiaomi.
Memiliki desain yang cantik dan performa yang memuaskan, kedua
aksesoris tersebut laris manis di pasaran. Bahkan karena kepopulerannya,
tidak jarang ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memproduksi
dan menjual barang palsu dari kedua aksesoris tersebut.
Dibalik kepopuleran nama Xiaomi, apakah kamu tahu, sebenarnya apa sih yang membuat Xiaomi menjadi
booming? Kenapa perusahaan
startup
asal Tiongkok tersebut berhasil mencuri perhatian banyak orang? Di
bawah ini terlampir beberapa alasan mengapa Xiaomi sukses di pasaran.
1. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau
Masalah harga memang cukup sensitif untuk banyak orang. Sepertinya
Xiaomi sudah memahami sekali permasalahan soal harga. Maka dari itu,
Xiaomi selalu melepas produk mereka dengan harga yang terjangkau, bahkan
bombastis. Sebagai contoh, Redmi 1s dijual seharga USD 159.99 atau
sekitar 1.9 juta rupiah. Dengan harga segitu kamu bisa mendapatkan
smartphone dengan spesifikasi prosesor
quad core
Snapdragon 400 1.6 GHz, memory ram sebesar 1 GB, memory internal 8 GB
dengan slot microSD yang bisa kamu tambahkan hingga 32 GB. Tidak lupa
Xiaomi juga menyematkan kamera utama 8 megapiksel dan kamera depan 1.6
megapiksel.

Meskipun memiliki banderol harga yang murah, namun kualitas yang kamu dapatkan ketika menggenggam
smartphone Xiaomi jauh dari kata murahan. Meskipun sebagian besar
smartphone Xiaomi menggunakan bahan plastik, namun
build quality dari produk mereka sangatlah baik. Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa pabrikan yang membuat dan merakit
smartphone dan
tablet Xiaomi adalah Foxconn, yang juga membuat dan merakit iPhone dan iPad dari Apple.
2. Antarmuka MIUI yang menarik dan lancar
MIUI merupakan sebuah
custom rom, yakni sebuah rom atau sistem
operasi Android yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga
memiliki perbedaan yang sedikit maupun banyak dengan sistem operasi
Android
vanilla (asli). Jauh sebelum Xiaomi meluncurkan produk
smartphone,
MIUI sudah terlebih dulu hadir. MIUI memiliki perbedaan yang cukup
mencolok dari Android biasanya. Selain tampilannya yang menarik dan
eye catchy MIUI juga memiliki performa yang cukup baik. (Baca juga:
Smartphone Android Kamu Lemot? Percepat Dengan Cara Ini!)

Banyak yang mengatakan jika tampilan antarmuka MIUI sangat mirip
dengan tampilan antarmuka iOS. Meskipun sekilas terlihat mirip, namun
MIUI tetaplah berbeda dengan iOS. Karena dibangun dari sistem operasi
Android, MIUI memiliki ciri khas Android yang tidak dimiliki oleh iOS,
yakni kebebasan penggunanya untuk memodifikasi tampilan yang ada pada
antarmuka. Kamu bisa mengganti tema,
widget,
icon, maupun
font yang digunakan. Tidak hanya sampai disitu, kamu juga bisa mengganti
launcher sehingga tampilan antarmuka secara keseluruhan bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan.
Custom rom MIUI sendiri memiliki sebuah toko tema tersendiri.
Di dalamnya, kamu dapat mencari dan mengunduh tema yang tersedia dari
pembuat tema yang berkontribusi di toko tema MIUI. Tidak hanya tema
secara keseluruhan, kamu juga bisa memodifikasi tampilan secara
individual yang sudah disediakan oleh toko tema MIUI. Kamu bisa
mengunduh dan memodifikasi
lock style,
lock screen,
icon,
home screen,
ringtone and notification,
dan hal-hal lainnya. Tema tersebut ada yang gratis maupun berbayar.
Untuk yang berbayar, kamu bisa mengunduhnya dengan menggunakan MiCredit.
Namun sayangnya, MiCredit saat ini hanya bisa dibeli untuk orang yang
berdomisili di Tiongkok saja.
3. Adanya pemuktahiran secara berkala
Salah satu yang membuat kamu Xiaomi betah menggunakan produk Xiaomi adalah tersedianya pemuktahiran (
update)
secara berkala. Tidak seperti merk lain yang hanya melakukan
pemuktahiran jika ada bug atau pembaruan baru dari Android, Xiaomi
melakukan pemuktahiran yang telah terjadwal untuk menambal bug ataupun
menambahkan fitur terbaru dari MIUI. Untuk rom MIUI versi
stable dijadwalkan setiap 1 bulan sekali, sedangkan untuk rom MIUI versi
developer dijadwalkan setiap 1 minggu sekali.

Untuk dapat melakukan pemuktahiran MIUI, Xiaomi menyediakan berbagai
macam cara. Semua cara yang disediakan termasuk mudah untuk dilakukan,
bahkan untuk orang yang awam teknologi khususnya Android sekalipun. Cara
pertama yang paling mudah adalah melakukan pemuktahiran secara
over the air
(OTA), yakni dengan cara langsung melakukan pemuktahiran dari menu
“Updater” yang sudah disediakan di dalam MIUI. Untuk melakukan
pemuktahiran melalui OTA, disarankan kamu menggunakan koneksi yang
stabil dan cepat seperti koneksi wifi di rumah atau kantor. Cara kedua
adalah dengan mengunduh sendiri pemuktahiran rom yang disediakan di
situs resmi MIUI. Setelah diunduh, file pemuktahiran itu dipindahkan dan
disimpan ke dalam memory internal maupun microSD yang ada di
smartphone/
tablet Xiaomi yang kamu miliki. Lalu jalankan pemuktahiran dengan menggunakan menu “Updater”. (Baca juga:
Perpanjang Umur Smartphone Kamu dengan Cara Ini!)

Tidak hanya mengeluarkan pemuktahiran, Xiaomi juga meminta
feedback dari para penggunanya tentang pemuktahiran tersebut. Dengan
feedback
tersebut, Xiaomi menjadi mengerti apa saja sebenarnya kebutuhan dan
keluhan dari pengguna yang harus disertakan dalam pemuktahiran
selanjutnya.
4. Dukungan dari komunitas yang kuat
Jika banyak pengguna Android yang sering menggandrungi forum XDA
sebagai tempat untuk mencari dan berbagi informasi seputar rom dan
custom
rom, Xiaomi memiliki forum tersendiri yang biasa disebut forum MIUI.
Forum ini saat ini telah tersedia di 26 negara yang tiap-tiap kontennya
sudah dilokalisasi dan menggunakan bahasa negara masing-masing. Di forum
tersebut, kamu bisa menemukan informasi seputar rom MIUI, produk
Xiaomi, ataupun informasi lain seputar Android. Kamu juga dapat
berdiskusi dan melakukan tanya jawab dengan para pengguna rom MIUI
ataupun produk Xiaomi lainnya.

Selain tersedianya forum secara online, Xiaomi juga aktif dalam merangkul penggunanya. Mereka sering mengadakan
gathering ataupun kumpul-kumpul, sehingga para pengguna Xiaomi dapat berkenalan satu dengan yang lainnya. Di acara
gathering
tersebut, tidak hanya kumpul-kumpul semata, tapi juga Xiaomi mengajak
para penggunanya untuk berdialog dan berdiskusi agar produk mereka dapat
lebih baik lagi.
5. Strategi marketing yang tepat
Xiaomi menggunakan strategi marketing yang berbeda dari
kompetitornya. Tidak seperti merk lain yang gencar untuk beriklan baik
secara offline maupun online, Xiaomi tidak memasang iklan sama sekali.
Untuk dapat memperkenalkan produknya ke masyarakat, Xiaomi memanfaatkan
hype
yang mereka buat. Misalnya saja, seringkali kamu melihat banyaknya
pemberitaan mengenai penjualan Xiaomi di media-media online lokal maupun
internasional. Ya, Xiaomi sering membuat para penggila
gadget heboh dengan metode penjualan
flash sale
dengan unit terbatas. Hal ini pastinya akan lebih heboh jika disebarkan
oleh banyak orang via media sosial ataupun situs-situs berita.

Tidak adanya beban iklan, inilah yang membuat Xiaomi dapat menjual
produknya lebih murah dari kompetitor. Memanfaatkan marketing secara
viral dari mulut ke mulut dengan memanfaatkan media sosial, forum,
maupun situs-situs berita yang meliput
hype mereka sudah menjadi
marketing gratis. Tentunya akan banyak orang yang melihat dan mengenal
Xiaomi tanpa perlu memasang iklan. Cara yang cukup cerdik bukan?
6. Dukungan layanan MIUI yang lengkap
Xiaomi memiliki layanan MIUI yang lengkap dan bermanfaat bagi
penggunanya. Contohnya adalah layanan MiCloud, yakni layanan penyimpanan
awan secara gratis dari Xiaomi. Kamu bisa menyimpan berbagai macam file
seperti foto, video, lagu, dan file lainnya di MiCloud. Xiaomi
menyediakan tempat penyimpanan sebesar 10 GB.

Selain MiCloud, Xiaomi juga memiliki toko aplikasi sendiri yang
disebut MIUI Market. Di dalam MIUI Market, kamu dapat menemukan berbagai
aplikasi yang sama dengan yang dapat kamu temukan di Google Play Store.
Hanya saja, di MIUI Market kamu akan menemukan banyak aplikasi lokal
buatan developer Tiongkok yang tidak dapat kamu temukan di toko aplikasi
lainnya.
Itulah 6 hal yang membuat Xiaomi sukses di pasaran. Kualitas produk
yang baik dan dibanderol dengan harga yang terjangkau, adalah sebuah
duet maut yang menjadi faktor utama dalam kesuksesan Xiaomi. Layanan
pemuktahiran, layanan MIUI, serta merangkul para pengguna juga menjadi
resep bagi Xiaomi untuk dapat bersaing dengan merk-merk papan atas
lainnya. Apakah kamu tertarik untuk memiliki salah satu produk Xiaomi,
Toppers? Bingung mau cari di mana? Cari di Tokopedia aja! Karena belanja
di Tokopedia itu lebih lengkap, lebih murah, dan lebih aman!